Phone: (021) 50338330 Fax: (021) 50338330

Pelatihan Andalan MitraHR

  1. Problem Solving & Decision Making

Memecahkan masalah yang muncul dalam lingkungan kerja dan mengambil keputusan adalah dua kompetensi skill yang saling terkait dimana bila kedua skils tersebut dilakukan dengan efektif dan efisien relatif akan menunjang kinerja ataupun keberhasilan dari suatu perusahaan/organisasi.  Jika suatu perusahaan gagal memecahkan masalah atau salah dalam mengambil keputusan, maka dampak serius mungkin akan dialami pada bagian penjualan, komponen biaya, pangsa pasar, kepuasan karyawan dan pelanggan, tingkat keuntungan ataupun pada parameter kinerja yang lain.

 

  1. Basic Human Resource Management

Setiap pimpinan departemen/divisi pada dasarnya dituntut untuk mampu memahami bagaimana pengelolaan SDM dalam area yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik.  Jika pengelolaan SDM sudah ditangani dengan baik, maka tujuan atau target departemen/divisi akan relatif lebih mudah terealisasi.  Pemahaman mendasar tentang proses pengelolaan SDM mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pemeliharaan yang dijabarkan melalui pelatihan ini dipastikan akan mampu mempermudah para peserta tentang bagaimana hakekat peran dan fungsi departemen HRD atau SDM.

  1. Financial Statement Analysis

Tidak semua manager atau pimpinan memiliki latar belakang pendidikan akuntansi atau keuangan, sedangkan laporan keuangan standar berupa Balance Sheet, Income Statement dan Cash Flow adalah hal yang wajib dipahami oleh para manager atau pimpinan tersebut.  Hal ini mengingat bahwa kondisi keuangan perusahaan  merupakan salah satu faktor pertimbangan dalam menentukan kebijakan atau target departemen/divisi dan bahkan perusahaan secara keseluruhan.  Dengan mengikuti pelatihan ini para peserta tidak hanya dijelaskan tentang bagaimana struktur laporan keuangan disusun tapi juga mendapatkan pemahaman tentang cara menganalisa laporan keuangan tersebut sehingga akan sangat berguna sebagai dasar mengambil keputusan dan menilai tingkat kesehatan finansial perusahaan.

 

  1. Risk Management

Risiko adalah ketidakpastian akan terjadinya sesuatu baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.  Seorang manager atau pimpinan umumnya bertanggung jawab pula atas risiko-risiko yang ada atau yang mungkin ada dalam area yang dipimpinnya sehingga kompetensi knowledge tentang konsep dasar risiko mutlak diperlukan oleh manager atau pimpinan tersebut.  Melalui pelatihan ini akan dijelaskan tentang konsep Risk Management yaitu proses identifikasi, penilaian dan alternatif pengendalian potensi-potensi risiko yang sedang dihadapi atau akan dihadapi.  Penggunaan ilustrasi riil dan studi kasus dalam pelatihan ini akan sangat membantu para peserta memahami masalah risiko ini sehingga relatif mudah untuk melakukan proses analisa lebih lanjut.

 

  1. Leadership Skills

Seorang pimpinan atau atasan tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis dan konseptual atas tanggungjawabnya masing-masing, tapi juga seharusnya memiliki kemampuan manajerial yang diiringi dengan keteladanan sikap seorang pemimpin atau leadership.  Bagaimana  memahami dan mengembangkan kemampuan leadership termasuk ilustrasi konkretnya akan dibahas dalam pelatihan ini sehingga paling tidak akan dapat memberikan gambaran dan ukuran kepada para peserta tentang potensi dan kemampuan dirinya untuk menjadi pemimpin yang ideal.

 

 

  1. Cost Reduction Control

Komponen biaya merupakan salah satu dasar dalam menentukan tingkat persaingan suatu perusahaan.  Beroperasi dengan komponen biaya yang tinggi akan berimplikasi pada penetapan harga jual yang tinggi pula, sehingga kurang kompetitif dalam industri.  Sedangkan beroperasi dengan komponen biaya yang rendah biasanya akan mempengaruhi kualitas produk, sehingga kurang kompetitif juga dalam industri. Melalui pelatihan ini para peserta akan memperoleh pemahaman tentang bagaimana penanganan biaya-biaya dalam organisasi secara efektif sehingga walaupun perusahaan beroperasi dengan tingkat biaya yang relatif rendah, produktifitas dan performa kerja tetap terjaga.

 

  1. Corporate Social Responsibility

Provider Pelatihan: Etika bisnis yang seharusnya dipahami oleh para pelaku usaha tidak hanya terbatas pada pemenuhan kepuasan Stockholder, tapi juga Stakeholder.  Artinya kepentingan para karyawan, kepentingan pemerintah, kepentingan pelanggan, kepentingan pemasok, kepentingan masyarakat dan kepentingan lingkungan harus menjadi perhatian serius juga bagi para pelaku usaha saat ini. Khusus etika terhadap masyarakat dan lingkungan secara konsep lebih dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility.  Apa dan bagaimana substansi dari konsep tersebut termasuk langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan akan dibahas secara deskriptif dalam pelatihan ini.

 

  1. Training for Trainer (Experiential Learning)

Mempelajari suatu pengetahuan atau keahlian tingkat keberhasilannya tidak hanya dipengaruhi oleh faktor orang yang diajari tapi juga dipengaruhi oleh faktor pengajarnya.  Salah satu dimensi dari faktor pengajar tersebut adalah bagaimana kualitas penyampaiannya dan teknik apa yang digunakan.  Dalam konteks perusahaan, masalah ini menjadi penting mengingat tuntutan kompetensi umumnya diperoleh dari proses belajar baik secara internal maupun mengandalkan sumber pengetahuan atau keahlian dari eksternal.  Artinya bila proses belajar tersebut dilakukan secara internal, maka para pengajarnya harus dibekali pemahaman tentang bagaimana teknik-teknik melalukan proses pembelajaran yang tepat dan sesuai sehingga kompetensi yang diharapkan akan dapat terpenuhi. Melalui pelatihan ini teknik-teknik tersebut akan dibahas termasuk juga solusi atas hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi dalam proses belajar. 

 

  1. HR Management Based on ISO 9000

Standarisasi yang dipersyaratkan dalam ISO 9000:2000 tidak hanya meliputi area pemilihan vendor, proses produksi, proses penyimpanan dan proses delivery produk atau jasa yang dihasilkan, namun juga meliputi area penanganan SDM dalam suatu perusahaan. Penanganan SDM tersebut lebih spesifik lagi dalam hal bagaimana kompetensi tiap karyawan dicatat dan dikembangkan secara berkesinambungan.  Hal ini mengingat produk atau jasa yang berkualitas akan lebih mudah direalisasikan jika para SDM yang memprosesnya memiliki kompetensi yang memadai.

 

  1. Microsoft Excel in Basic Level

Program Aplikasi Spreadsheet khususnya Microsoft Excel tak dapat dipungkiri merupakan sarana pendukung kerja yang paling dominan bagi banyak profesi atau pekerjaan mengingat banyaknya feature atau kelebihan yang terkandung dalam program aplikasi tersebut. Namun masalahnya adalah masih banyak para karyawan yang memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel hanya sekedar sebagai pengganti kalkulator atau mesin tik saja. Melalui pelatihan ini para peserta akan diajarkan dasar-dasar Microsoft Excel yang digali step by step mulai dari tahap Editing sampai dengan tahap Pengolahan Data (Sort) termasuk pemanfaatan fungsi-fungsi umum seperti: sum, count, average, sumif dan lain-lain.

 

  1. Microsoft Excel in Advance Level

Salah satu tugas seorang manager atau pimpinan adalah menghasilkan laporan kerja yang berkualitas berdasarkan input yang diperoleh dari para bawahannya.  Artinya manager atau pimpinan harus mampu mengolah dengan baik raw data yang telah dipersiapkan bawahannya melalui tools yang ada seperti aplikasi Microsoft Excel. Program Aplikasi Spreadsheet khususnya Microsoft Excel memang tidak dapat dipungkiri merupakan sarana pendukung kerja yang paling dominan bagi banyak profesi atau pekerjaan mengingat feature atau kelebihan yang terkandung dalam program aplikasi tersebut sangat berguna. Namun masalahnya adalah masih banyak para pengguna Microsoft Excel yang belum memahami atau bahkan belum menyadari adanya kelebihan-kelebihan tersebut termasuk juga beberapa pejabat di perusahaan setingkat Manajer.

 

  1. General English Conversation

Dalam era globalisasi dengan tingkat persaingan yang makin tinggi, maka peningkatan kompetensi karyawan mutlak diperlukan terutama dalam hal yang mendasar yaitu kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris yang sudah dianggap sebagai bahasa universal.  Kemampuan bahasa tersebut bukan saja dalam hal komunikasi, namun juga dalam hal korespondensi yang terkait dengan bisnis masing-masing.  Dalam pelatihan ini akan diperkenalkan metode praktis untuk memahami bahasa Inggris dengan lebih cepat dan tepat guna.

 

  1. Customer Service Excellence

Dalam bisnis yang berorientasi kepada pelanggan,  “people skills” atau “interpersonal skills” merupakan keterampilan yang memegang peranan penting bagi keberhasilan organisasi atau perusahaan. Cara suatu perusahaan menangani pelanggannya secara langsung akan mempengaruhi keseluruhan citra dan kinerja perusahaan. Bisnis yang mengandalkan jasa adalah bisnis yang memfokuskan pada pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Dalam situasi bisnis yang penuh persaingan, setiap perusahaan akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan. Untuk mencapai hal ini perlu adanya pembekalan bagi seluruh karyawan terutama yang langsung berinteraksi dengan pelanggan.

Back to Top